Ibu tentu ingin sekali-sekali mengajak si kecil untuk berpesiar ke negeri tetangga atau keluar kota. Melihat luasnya dunia dan mencoba hal-hal baru. Sayangnya, seringkali si buah hati kemudian malah mendapatkan efek tak enak dari petualangannya. Ia berakhir sakit karena kontak dengan mikroorganisme yang mungkin adalah endemik di daerah yang dituju.

Untuk itu, banyak orangtua yang kemudian mengambil langkah pertama dengan melakukan imunisasi sebelum bepergian.

Penyakit Endemi itu Ada Dimana-mana

Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan RI dalam keterangan tertulis Senin (26/4/2010) mengingatkan pentingnya vaksinasi untuk yang ingin liburan.

Asal tahu saja, beberapa negara atau wilayah di tanah air memang masih mengalami endemik seperti malaria di Indonesia timur. Untuk luar negeri, ada meningitis di Arab saudi atau yellow fever di Afrika Selatan. Dengan pemberian imunisasi akan meminimalkan risiko tertular penyakit di daerah tujuan liburan karena imunisasi memberikan sistem kekebalan terhadap tubuh.

imunisasi2

Setiap negara di dunia memiliki penyakit endemis yang bisa menyerang para traveler. Dari sekian banyak penyakit endemis, salah satunya yang berbahaya yaitu meningitis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang selaput otak dan sum-sum tulang belakang. Penyakit ini merupakan penyakit yang paling banyak menyerang para traveler. Karena itulah jamaah Haji seringkali dihimbau untuk mengambil imunisasi terhadap penyakit ini.

Bukan Berarti Bisa Terhindar Sepenuhnya

Meskipun imunisasi sifatnya pencegahan, namun bukan berarti Ibu dan buah hati bisa terhindar sepenuhnya. Perlu dilakukan beberapa langkah lagi untuk memastikan si kecil tetap sehat sepanjang liburan. Seperti misalnya menjaga aktivitas agar tidak terlalu lelah, memantau apa yang dia makan atau minum, mengawasi tempat-tempat yang dikunjungi, menjaga kebersihan pribadi, dan masih banyak lagi.

Dibaca 285 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page