Cacingan yang menginfeksi tubuh bayi, jangan sering dianggap remeh bunda. Karena ini penyakit yang cukup sering menimpa bayi. Cacingan bisa terjadi karena tubuh bayi telah diinfeksi oleh cacing parasit, seperti cacing kremi, cacing pita, cacing gelang, maupun cacing tambang.

Hampir sama dengan anak-anak dan orang dewasa, cacing pada bayi masuk ke tubuh bayi melalui makanan ataupun pori-pori tubuhnya. Penyebab bayi cacingan sendiri yang paling besar adalah lingkungan yang tidak higienis, dan bunda kurang memperhatikan kebersihan bayi bunda.

Gejala dan ciri-ciri bayi mengalami cacingan dapat terlihat seperti ini bunda :

  • Bayi rewel dan sering terlihat tidak nyaman. Kemungkinan yang membuatnya tak nyaman karena duburnya gatal. Dubur yang gatal merupakan salah satu gejala bayi terinfeksi cacing.
  • Ciri yang paling terlihat dan sangat khas yakni perutnya yang membuncit tapi badannya kurus. Bayi terlihat seperti kurang gizi.
  • Batuk yang terus menerus (berkepanjangan), ini bisa terjadi jika cacing sudah menginfeksi paru-paru bayi, dan ini dapat mengganggu sistem pernafasan bayi.
  • Mengalami gangguan lambung seperti diare, perut kembung dan sembelit (susah buang air besar). Ini bisa terjadi karena cacing tersebut sudah mengganggu metabolisme pencernaan bayi.

cacingan, bayi cacingan, penyebab, gejala, tips mencegah, mengatasi, popok bayi

Tips Mengatasi Bayi yang Terkena Cacingan

Jika bayi sudah terkena cacingan, bunda bisa menggunakan resep tradisional ini, semoga membantu yah bunda :

1.       Wortel dan santan

Sediakan parutan wortel dari 5 buah wortel ukuran mini yang sudah dikupas, dan dicuci bersih. Sediakan pula santan kelapa sebanyak 10 sendok makan, plus air matang 6 sendok makan. Cara membuatnya cukup mudah, peras parutan wortel dengan menambahkan air matang. Setelah itu, ambil 8 sendok makan air dari perasan wortel dan campur dengan santan.

2.      Pepaya dan bawang putih

Bunda pasti tahu pepaya memiliki banyak manfaat kesehatan terutama kesehatan perut. Pepaya dengan bawang putih dapat menjadi obat cacingan untuk bayi bun. Gunakan 1 jari pepaya, 1 siung bawang putih yang sudah dikupas, 1 gelas air kelapa, dan ½ gelas susu. Potong kecil-kecil pepaya dan bawang putih, masak keduanya dengan air kelapa, hingga tersisa ½ gelas. Setelah itu saring ½ nya dan campur dengan susu. Minumkan sebagai obat cacingan untuk bayi.

3.      Jahe dan madu

Perpaduan keduanya merupakan resep tradisional yang ampuh mengobati berbagai penyakit, terutama cacingan. Gunakan 2 rimpang jahe, 1 sendok makan madu, dan 1 ½ gelas air matang. Cara membuatnya cukup mudah, potong tipis-tipis jahe yang sudah dicuci bersih. Kemudian masak jahe dengan air hingga tersisa 1 gelas air. Tunggu sampai airnya dingin, setelah itu saring, berikan madu pada jahe yang sudah disaring tadi dan minumkan sebagai obat bayi cacingan.

Tips Mencegah Cacingan Pada Bayi

Agar bayi terhindar dari penyakit cacingan ini, bunda perlu melakukan tips pencegahan berikut ini :

  • Pastikan perlengkapan dan peralatan bayi selalu dalam keadaan bersih setelah dan saat ingin menggunakannya kembali. Begitupun saat bunda ingin memberikan ASI ataupun MPASI, pastikan peralatan dan bahannya sudah dicuci bersih.
  • Selalu bersihkan setiap benda mainan bayi apalagi saat bayi sedang memasuki fase oral. Jika tidak dibersihkan dikhawatirkan ada bakteri dan kuman yang masuk ke pencernaan bayi di mana cacing bisa ikut masuk dan berkembang biak.
  • Kuku bayi harus rutin dibersihkan, terutama bagi bayi yang sering memasukkan jarinya ke mulut.
  • Letakkan tempat tidur, perlengkapan bayi termasuk pula baju bayi di tempat yang jauh dari kuman, debu atau benda kotor lainnya.
  • Sering-sering mengganti popok bayi dan perhatikan kebersihan alat genitalnya terutama setelah buang air kecil atau BAB. Pilih popok yang memiliki bahan lembut dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit bayi.
  • Agar nutrisi tubuh bayi tetap terjaga, berikan makana dan minuman yang diolah sendiri oleh bunda. Jika bayi masih minum ASI, tanpa MPASI, usahakan bunda mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat agar kualitas ASI yang diberikan adalah ASI terbaik.
  • Biasakan cuci tangan dengan sabun setelah melakukan pekerjaan apapun, dan sebelum menyentuh bayi atau perlengkapan bayi.
  • Untuk pencegahan lebih lanjut tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter mengenai pemberian obat cacing yang sesuai dengan dosis bagi umur bayi bunda.

cacingan, bayi cacingan, penyebab, gejala, tips mencegah, mengatasi, popok bayi

Semoga artikel ini bermanfaat yah bunda, dan bayi bunda sehat-sehat selalu.

Dibaca 654 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page