Memiliki buah hati sangat menyenangkan dan merupakan anugerah tersendiri bagi kita sebagai orang tua. Segala kasih sayang akan kita curahkan untuk buah hati tercinta termasuk pemberian makanan yang sheat dan bergizi untuk anak Anda. Salah satu hal yang perlu diperhatikan berat badan buah hati Anda. Seperti kita tahu bahwa bayi ketik dilahirkan dengan berat yang berbeda-beda. Untuk berat badan bayi yang ideal untuk bayi yaitu sekitar 2,5 sampai 4,5 kg.

Biasanya berat badan bayi itu dapat ditentukan dari keturunan oleh orang tuanya, kesehatan ibu bayi sendiri, dan beberapa nutrisi yang ibu konsumsi selama dalam kehamilan ataupun pada waktu menyusui. Untuk para ibu harus tahu bahwa berat badan bayi pada saat lahir itu bukan hal yang terpenting karena yang paling penting adalah berat badan bayi secara ideal ketika pasca melahirkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk orang tua agar selalu menjaga nutrisi buah hati Anda secara seimbang sehinggan berat badan bayi Anda ideal dan tidak terlalu gemuk sehingga dalam pertubuhannya tidak terjadi obesitas.

Berat badan bayi

Memantau perkembangan berat badan bayi sangat diperlukan bagi para orang tua. Biasanya perkembangan bayi akan tercatat dalam grafik dari bayi tersebut. Grafik ini biasanya diberikan oleh para dokter spesialis anak. Dengan grafik tersebut maka ibu dapat memantau perkembangan bayi apakah tumbuh secara normal atau tidak. Biasanya menjelang bulan ke 4, bayi akan mencapai 2 kali lipat dari semula pertama dilahirkan. Jika bulan ke 4 ini anak Anda pertumbuhan berat badannya  lebih dari dua kali lipat berarti anak Anda bisa mengalami kegemukan atau obesitas.

Berat badan bayi

Itulah beberapa info mengenai berat badan bayi Anda. Agar Anda bisa memantau terus perkembangan dan pertumbuhan buah hati Anda maka seringlah untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis anak Anda sehingga Anda bisa memantanya melalui grafik yang teah diberikan oleh dokter.

Beberapa catatan grafik yang diberikan dokter harus disimpan oleh ibu secara rapi dan disusun berdasarkan tanggal pemeriksaan sehigga ibu bisa dengan mudah mengawasi dan memantau bayi dalam keadaan sehat atau tidak.

Dibaca 727 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page