Si kecil memerlukan imunisasi sebagai upaya memberikan kekebalan pada penyakit tertentu. Melalui imunisasi maka tubuh bayi akan terlindung dari berbagai penyakit. Seringkali kita mendapati anak mengalami beragam keluhan setelah diimunisasi. Bunda tidak perlu khawatir jika si kecil mengalami keluhan pasca imunisasi. Hal ini menunjukkan bahwa vaksin imunisasi tersebut benar-benar bekerja dengan cepat.

Ragam imunisasi dan efek sampingnya

Apa Saja Efek Samping Setelah Imunisasi

Imunisasi BCG

Imunisasi yang mencegah penyakit tuberkulosis ini memiliki efek pembengkakan kecil dan merah di area suntikan. Setelah 2-3 minggu pembengkakan akan berubah menjadi abses kecil dan menjadi luka dengan garis tengah 10 mm.

Imunisasi DPT

Efek dari imunisasi DPT akan terasa panas pada tubuh bayi di sore hari. panas akan turun dan hilang dalam kurun waktu 2 hari. Nyeri, sakit, merah dan bengkak di tempat suntikan juga akan terlihat.

Imunisasi campak

Tubuh si kecil akan terasa panas dan disertai kemerahan 4 sampai 10 hari setelah penyuntikan.

Efek samping yang dialami bayi setelah imunisasi ini bisa dibilang merupakan efek samping positif karena manfaatnya besar sekali setelah diimunisasi. Jadi, bunda tidak perlu khawatir lagi ya jika si kecil mengalami keluhan setelah diimunisasi. bunda bisa membuat bayi merasa nyaman selama mengalami keluhan ini.

Dibaca 574 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page