Anak bunda memiliki beberapa kejanggalan dibandingkan dengan anak seumuran lainnya? Jangan anggap remeh hal ini, bun. Ada baiknya bunda mulai mengetahui ciri-ciri anak autis. Tidak ada kekurangan yang tidak bisa diatasi, bun. Asalkan bunda bisa mendeteksinya secara dini, setelah mengetahui tanda dari anak yang memiliki gejala autis, pasti ada solusinya kok, bun.

ciri-ciri anak autis, tanda anak autis

Lebih dari usia 12 bulan

Ciri-ciri jika anak bunda menderita autis adalah tidak berbicara meski usianya sudah mencapai 12 bulan. Ia juga akan sangat sulit menunjukkan keinginannya. Tanda lainnya jika anak bunda autis yaitu tidak mampu berkomunikasi meski dengan gerakan badan hingga usianya 12 bulan. Hal yang juga harus sangat diwaspadai ketika ia tidak mengucapkan satu kata pun hingga 16 bulan. Gak heran kalau seringkali orang tuanya susah memahami apa yang diinginkan karena ia hanya bisa menangis dan berteriak.

Sulit berkomunikasi

Sangat terlihat jelas ciri-ciri anak yang normal dengan yang autis, bun. Tanda anak autis bisa dilihat dari ketidakmampuannya menggunakan kalimat secara spontan padahal usianya di atas 2 tahun. Hal ini membuatnya sulit berkomunikasi dengan orang disekitarnya. Sedangkan kalau anak-anak pada umumnya ketika berusia 2-3 tahun justru sangat senang berbicara meski ucapannya belum jelas.

Kalau si kecil mengalami ciri-ciri di atas, konsultasikan ke dokter tentang terapi untuk anak autis yang disarankan.

Biar bagaimanapun, ada seorang anak autis telah membuktikan kelebihannya pada dunia, ia adalah Iris Grace Halmshaw sisi lain yang membanggakan dari autisme. Semoga kisahnya menginspirasi bunda.

Sumber bacaan keluarga.

Dibaca 498 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page