Bunda pernah berpikir sebelumnya tentang manfaat dari memeluk anak? Mungkin sebagian dari bunda sering memeluk si kecil tanpa mengetahui manfaat psikologisnya. Melakukan kebaikan dengan tahu maknanya akan membuat bunda semakin termotivasi lho. Apa saja manfaat secara psikologis ketika memeluk anak?

manfaat memeluk anak

Manfaat pertama untuk mendekatkan hubungan. Misalnya, bunda adalah wanita karir yang sangat sibuk. Berangkat kerja pagi-pagi, terburu-buru dan sampai rumah ketika anak sudah tidur. Pas berangkat kerja, coba deh peluk si kecil, bun. Lakukan dengan tulus. Hal ini bisa bermanfaat besar hanya dengan memeluk anak.

Manfaat lain dari memeluk anak adalah menimbulkan ikatan batin dan kasih sayang. Udah pasti yah, bun. Kalau memeluk kan tandanya sayang. J Manfaat lain juga bisa membuat si kecil percaya diri lho, bun. Memeluk anak bisa juga diartikan sebagai memberikan dukungan. Juga karena hormon endomorfin yang muncul ketika pelukan bisa mengurangi ketegangan saraf dan tekanan darah.

Manfaat berikutnya berdasarkan penelitian dari sebuah universitas di Italia. Memeluk anak bisa lebih efektif dalam menyembuhkannya dari depresi. Bahkan pelukan saat inisiasi dini ketika bayi terlahir ke dunia akan mentransfer mikroorganisme yang membuat daya tahan tubuh si kecil jadi makin kuat, bun. Manfaat terakhir sangat penting, bun. Memeluk anak dengan kasih sayang akan membuatnya tumbuh menjadi anak yang penyayang. Buah gak jatuh jauh dari pohonnya kan, bun. J

Sikap seorang anak penyayang juga bisa dilihat saat anak berteman dengan hewan peliharaan.

Sumber bidanku.

Dibaca 1196 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page