Tata krama menjadi sangat penting sekaligus bekal yang sangat berarti bagi anak ketika tumbuh dewasa. Kita hidup di dalam masyarakat dan lingkungan yang memiliki norma sikap sopan santun yang berlaku. Namun tidak sedikit orang tua yang sedikit melupakan hal ini untuk diajarkan kepada anak sejak dini sehingga kebiasaan buruk anak bisa terus berlanjut.

Semakin dini anak diajarkan tata krama maka akan semakin mudah ia menerima pesan-pesan kebaikan berdasarkan norma yang berlaku di lingkungan masyarakat. Apa saja 10 tata krama yang wajib diajarkan kepada anak Anda?

Menghormati orang yang lebih tua

Ajari anak cara berbicara dan bersikap dengan orang yang lebih tua agar anak tidak berlaku yang tidak semestinya dilakukan atau dibicarakan dengan orang yang memiliki usia lebih tua.

Meminta maaf

Meminta maaf saat berbuat salah bukanlah menunjukkan kelemahan namun karakter untuk menghargai orang lain.

Tata krama di meja makan

Jangan lupa mengajarkan anak saat di meja makan seperti cara makan yang baik dan sopan.

Tidak menjawab bila dinasihati

Anak bisa saja pintar menjawab jika dinasihati dengan bantahan. Sebaiknya anak perlu diajarkan bahwa hal seperti itu tidaklah patut dilakukan jika sedang dinasihati orang tua.

Bagaimana cara meminta tolong dan mengucapkan terimakasih

Mengajari anak cara meminta tolong dan mengucapkan terimakasih bisa dimulai dengan mencontohkannya saat membeli sesuatu atau meminta pertolongan kepada orang lain dengan cara yang santun.

Jangan memarahi anak berlebihan

Ketika anak melakukan hal yang tidak sopan, berikan anak nasihat yang baik dan jangan dimarahi secara berlebihan karena malah akan membuat anak menjadi cuek dan tidak mendengarkan kata-kata Anda.

Setiap manusia itu berbeda tapi memiliki hak yang sama

Ajarkan anak untuk tidak membeda-bedakan sesama manusia berdasarkan warna kulit, ras, atau gender. Semua orang memiliki hak yang sama hidup di dunia ini, setiap manusia memiliki keunikannya masing-masing. Mengajari hal ini akan membuat anak menghargai setiap perbedaan yang ada di masyarakat.

Sayangi orang lain seperti menyayangi diri sendiri

Anak-anak sebaiknya diajarkan tentang bagaimana memperlakukan orang lain seperti layaknya menyayangi diri sendiri. Melalui cara ini anak akan mampu mengembangkan kemampuan bersosialisasi yang baik. Mengajarkan hal ini dapat menghilangkan kebiasaan buruk anak jika si anak suka mengganggu teman sebayanya.

Membantu orang lain yang lemah

Membantu orang lain yang lemah atau kurang mampu akan membuat anak merasa beruntung dibanding orang-orang yang kurang  beruntung di sekitar kita. Anak akan mengerti caranya mengasihi orang yang lemah atau tidak mampu.

Beri pujian saat anak berlaku sopan

Ketika anak sudah berlaku sopan serta santun, bunda wajib memberinya pujian sebagai bentuk apresiasi.

Dibaca 1223 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page