tips kesehatan persiapan ibu hamil

Kehamilan selalu mendatangkan kegembiraan yang tak terkira bagi setiap wanita. Tetapi yang harus diperhatikan, kehamilan dipersiapkan secara matang. Hamil merupakan masa sulit bagi seorang wanita baik fisik maupun psikologi yang tak menentu selama menjalani proses kehamilan.

Persiapan kehamilan yang tepat seperti apa sih?

Dr. dr Dwiana Ocviyanti, Sp. OG (K)  selaku koordinator pendidikan Dokter Spesialis Departemen Obstetri dan Ginekolog FKUI-RSCM mengungkapkan dalam seminar publik ’Quo Vadis Angka Kematian Ibu?’ yang kebetulan saya hadiri beberapa hari yang lalu, bahwa tubuh sang ibu menjelang kehamilan atau saat persiapan kehamilan harus sehat secara penuh. Sebelum hamil sebaiknya sang ibu melakukan cek kesehatan terlebih dulu seperti mengontrol berat badan ideal, tekanan darah normal, dan lain-lain. Kehamilan sebaiknya harus dipersiapkan dan tidak boleh sembarangan hamil.

Kebiasaan masyarakat Indonesia memang memiliki kebiasaan mengunjungi dokter setelah gejala hamil atau sudah positif hamil, bahkan saat sudah mengalami keluhan dalam masa hamilnya. Menurut pengalaman dr Ovi, kebanyakan ibu hamil datang ke dokter ketika sudah mengalami berbagai keluhan seperti hipertensi, kurang gizi, maag, diabetes dan sebagainya. Seharusnya hal tersebut sudah bisa ditangani sejak seorang wanita mempersiapkan kehamilannya.

Yang paling mengkhawatirkan dalam peristiwa kematian ibu terbanyak kasus seperti kejang-kejang, pendarahan, dan infeksi. Untuk mengantisipasi hal tersebut calon ibu terutama ibu muda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum diberi momongan. Dr Ovi juga menjelaskan masalah kematian ibu di Indonesia terus melonjak tiap tahunnya. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab kematian ibu seperti gagalnya program KB dan jumlah perempuan yang menikah serta melahirkan di bawah 20 tahun.

Penjelasan dr Ovi tentu membuka mata saya tentang pentingnya mempersiapkan kehamilan dengan tepat agar terhindar dari resiko penyakit kehamilan. saya juga awalnya berkonsultasi ke dokter dijalani saat sudah tahu positif hamil saja tapi ternyata sebelum hamil kita dianjurkan untuk mempersiapkan kehamilan dengan baik agar resiko saat hamil bisa dikurangi.  Semoga bermanfaat ya bunda. Silakan berkomentar atau berbagi informasi tentang tips kesehatan persiapan ibu hamil lainnya.

Dibaca 407 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page