Kebanyakan wanita sekarang tidak mengetahui tanda awal kehamilan. Akibatnya banyak dari pasangan muda khususnya tidak menyadari bahwa mereka (wanita) sedang mengalami proses kehamilan sampai mereka memeriksakannya ke dokter atau menggunakan test pack. Padahal Tuhan sudah memberikan beberapa tanda awal jika seorang wanita sedang mangandung.Apa sajakah tanda seorang wanita sedang hamil? Mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Mengenal Tanda Awal Kehamilan

Sebenarnya jika diperhatikan secara seksama, ada banyak sekali tanda awal kehamilan. Namun kebanyak dari wanita hanya mengetahui bahwa tanda mereka sedang hamil adalah berhentinya periode menstruasi dan juga mual-mual. Dua hal itu merupakan tanda awal paling mudah diamati, namun beberapa orang tidak merasakan mual dan menganggap terlambat datang bulan itu wajar karena mereka sudah terbiasa mengalami hal itu. Jadi selain dua tanda kehamilan di atas, haruslah mengetahui tanda-tanda lainnya.

Sering Buang Air Kecil

Seringnya seorang wanita buang air kecil bisa menjadi pertanda yang mudah dicermati. Frekuensi buang air kecil yang terus meningkat itu terjadi karena rahim yang terus membesar yang mengakibatkan kandung kemih tertekan. Untuk meyakinkannya bisa dilihat juga warna air seni yang keluar. Di minggu pertama setelah terjadi pembuahan, air seni cenderung berwarna kental dan keruh.

Mudah Lelah

Tanda Awal Kehamilan

Awal kehamilan membuat perubahan hormon dalam tubuh.Tubuh dipaksa untuk memberikan nutrisi bagi janin melalui darah yang mengakibatkan tenaga cepat terkuras. Akibatnya tentu tubuh sang ibu akan mudah lelah dan mengantuk. Perubahan bentuk perut juga membuat organ dalam semakin terdesak sehingga rasa lelah akan terasa semakin hebat.

Perubahan Bentuk Tubuh

Guna mempersiapkan diri menyambut pertumbuhan janin, beberapa bagian tubuh akan mengalami perubahan bentuk. Bagian tubuh yang mengalami perubahan itu meliputi daerah pantat, perut dan payudara. Ketiga bagian itu seiring perkembangan janin akan membesar dengan sendirinya. Untuk daerah payudara, biasanya akan terasa kesemutan, penuh, berat dan nyeri ketika dipegang bisa menjadi pertanda yang mudah diperhatikan. Daerah hitam di sekitar aerola juga akan melebar guna mempersiapkan diri memproduksi ASI sebagai makanan utama bayi jika lahir kelak.

Itulah beberapa tanda awal kehamilan yang mudah dicermati. Jadi periksakan langsung ke dokter jika merasakan berbagai gejala di atas.

Dibaca 477 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page