Mengetahui tanda awal kehamilan sepertinya sebuah hal yang sepele bagi beberapa orang. Bagi beberapa orang yang lainnya pengetahuan kecil setelah menikah itu penting. Pasalnya banyak wanita yang tidak menyadari mereka hamil dan tetap memaksakan diri untuk beraktivitas seperti biasanya. Mereka baru sadar ketika memeriksakan diri ke dokter.

Jika kondisi kehamilan sehat-sehat saja itu tidak menjadi masalah. Beberapa wanita sadar dia hamil setelah mengalami keguguran. Seperti contoh berikut ini, ada seorang wanita yang baru menikah. Tiga bulan setelah menikah dia merasakan beberapa masalah seperti pusing dan mudah lelah. Tubuhnya juga mulai menunjukkan kegemukan. Karena dirasa faktor kegemukan, dia melakukan berbagai olahraga agar tubuhnya kembali ideal. Diet juga tak lupa dia jalani. Hingga akhirnya dia merasakan ada keanehan dalam dirinya. Ketika diperiksakan ke dokter, akhirnya dia tahu bawah dirinya hamil. Rasa haru dan bahagia menyelimutinya. Sayangnya beberapa hari kemudian dia harus mengalami keguguran karena dampak dari program diet dan aktivitas fisik berat lainnya.

Pentingnya Mengetahui Tanda Awal Kehamilan

Pentingnya Mengetahui Tanda Awal Kehamilan

Sebenarnya tanda awal kehamilan tidak begitu sulit diperhatikan. Kata mudahnya semua tanda kehamilan akan berhubungan dengan penurunan stamina dan beberapa hal lainnya. Untuk lebih jelasnya mari perhatikan tanda-tandanya di bawah ini:

Mudah Lelah

Ketika awal kehamilan, organ dalam tubuh mempersiapkan diri dalam menyambut kedatangan janin di dalam perut. Akibatnya pasokan darah ke seluruh tubuh meningkat sehingga tubuh akan terasa sangat lelah. Dari rasa lelah itu bisa saja wanita terasa pusing dan mudah mengantuk.

Morning Sickness

Mual-mual di pagi hari menjadi salah satu tanda awal kehamilan yang mudah dibaca. Sama seperti berhentinya masa menstruasi, kedua mudah ditebak. Tapi tidak semua wanita merasakan mual di pagi hari. Jadi tetap harus waspada jika tubuh mudah lelah walaupun tidak muntah-muntah di pagi hari.

Perubahan Beberapa Bagian Tubuh

Beberapa bagian tubuh seperti pantat dan payudara akan mengalami perubahan. Keduanya akan mengencang seiring pertumbuhan janin dalam perut. Perubahan ukuran itu di bagian payudara akan terasa sedikit nyeri dan kesemutan ketika disentuh.

Itulah 3 tanda awal kehamilan yang bisa dicermati dengan seksama. Meskipun simpel harus bisa diperhatikan dengan baik-baik agar cerita seperti di atas tidak terulang lagi.

Dibaca 475 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page