Nama virus Rubella mungkin masih terdengar asing ya, virus yang dapat menyerang kulit ini biasa kita kenal dengan nama campak Jerman. Gangguan kesehatan Virus Rubella tidak bisa dianggap sepele bun karena bisa ditularkan melalui cairan tubuh dan bahayanya dapat menyebabkan cacat bawaan bagi janin pada ibu hamil.

Mengenal Virus Rubella

Ciri-ciri terkena virus Rubella

Rubella atau campak Jerman ini terjadi selama 3 hari berturut-turut yang menyebabkan kulit timbul ruam kemerahan di banyak bagian tubuh seperti di wajah, leher dan menyebar ke bagian lain. Pada langit-langit mulut juga muncul bintik kemerahan. Penyakit ini menyerang kulit dan kelenjar getah bening. Penyakit ini dapat ditularkan melalui aliran darah wanita yang sedang hamil kepada janin dikandungnya.

Jika Rubella menyerang ibu hamil dapat berakibat fatal pada pertumbuhan janin karena dikhawatirkan akan mengalami kelainan jantung, kelainan pendengaran, kelainan fungsi mata, dan hidrosefalus. Bagi calon pengantin jika sedang merencanakan kehamilan sebaiknya memeriksa virus ini apakah ada didalam tubuh atau tidak dengan menjalani serangkaian tes TORCH.

Kapan virus Rubella akan mereda?

Virus Rubella akan mereda saat kondisi sistem kekebalan tubuh kembali kuat ditambah obat antibiotik dari dokter. Namun sebaliknya, jika kondisi kesehatan tubuh menurun maka Rubella semakin menyebar.

Dibaca 567 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page