Bunda, tahukah bahwa terkadang buah hati yang kita sayangi suka bertanya hal yang membuat kita kaget. Saat masih berusia sekitar 1 tahun keatas, buah hati kita sering sekali melontarkan pertanyaan konyol yang mudah namun Bunda juga tak tahu jawabannya. Mereka yang tengah berkembang banyak melihat dan mendengar beberapa hal yang kurang mereka mengerti. Itulah mengapa mereka dengan gemasnya membuat pertanyaan konyol yang membuat kita tersenyum.

Inilah lima contoh perntanyaan konyol yang sering mereka utarakan. Bunda bisa lihat juga jawabannya. Siapa tahu, jawaban ini akan berguna disaat buah hati menanyakan hal yang serupa kepada Bunda.

1. Kenapa katak melompat?

cita-cita-bunda-Lima Pertanyaan Yang Sering Terlontar Dari Sang Buah Hati-1

Pertanyaan ini memang terdengar agak konyol ya Bunda, tetapi jawabannya itu tak sekonyol pertanyaannya lho. Katak melompat karena ingin melindungi dirinya, itu karena katak tak memiliki alat untuk melindungi dirinya. Itulah mengapa katak harus melompat dengan cepat. Kemampuan katak melompat dikarenakan kaki belakang katak yang kuat dan panjang. Katak mampu melompat sejauh 20 kali dari panjang tubuhnya saat melompat lho Bunda.

2. Ikannya koq enggak bobo?

cita-cita-bunda-Lima Pertanyaan Yang Sering Terlontar Dari Sang Buah Hati-2

Ini paling sering ditanyakan oleh anak kecil ya Bunda. Apakah ikan tidur? Bagaimana caranya? Pada dasarnya semua ikan itu bisa tidur lho Bunda, caranya saja yang berbeda dengan manusia. Para ilmuan berpendapat bahwa saat ikan istirahat dengan diam beberapa saat walau matanya tak menutup itu adalah saat ikan tertidur. Banyak juga ikan yang akan bersembunyi dekat atau bawah batu saat dirinya ingin tidur. Itu karena, ikan takut saat dia tidur ada pemangsa yang akan memakannya.

3. Kenapa kangguru ada kantongnya?

cita-cita-bunda-Lima Pertanyaan Yang Sering Terlontar Dari Sang Buah Hati-3

Kangguru adalah salah satu hewan berkantung atau dikenal dengan marsupial. Alasan kenapa kangguru memiliki kantung adalah untuk membawa bayi-bayi mereka. Bayi kangguru yang baru lahir kecil dan hanya sebesar kacang, sungguh kecil ya Bunda. Bayi kangguru keluar dari rahim menuju kantung induknya ketika panjangnya baru satu sentimeter. Kantung itu berguna sebagai tempat yang aman untuk bayi-bayi mereka.

4. Kenapa laut berwarna biru?

cita-cita-bunda-Lima Pertanyaan Yang Sering Terlontar Dari Sang Buah Hati-4

Hayoo Bunda, jika ditanya anak kenapa laut warnanya biru Bunda bisa jawab gak? Untuk tahu, Bunda harus tahu cara kerja cahaya. Cahaya Matahari disebut juga cahaya putih. Meski demikian, sebenarnya cahaya Matahari terdiri dari berbagai warna lho Bunda. Ketika cahaya Matahari mengenai laut, warna kuning, merah, dan oranye pada Matahari itu diserap oleh air. Sementara, warna biru hanya diserap sedikit dan sebagian besar dipantulkan. Pantulan warna biru itu kemudian tertangkap oleh mata kita. Itulah mengapa laut terlihat biru.

5. Kenapa donat berlubang ditengahnya?

cita-cita-bunda-Lima Pertanyaan Yang Sering Terlontar Dari Sang Buah Hati-5

Sebagian besar orang atau bahkan Bunda mungkin berfikir bahwa lubang yang terdapat pada donat hanya sebagai aksesoris. Namun ternyata itu salah. Donat muncul pertama kali di Amerika serikat pada abad ke-18. Ketika itu, alat masak belum secanggih sekarang Bunda. Agar adonan donat matang secara merata, maka dibuatlah lubang pada tengah adonan tersebut. Lubang itu akan mengalirkan panasnya minyak kesetiap bagian donat yang adonannya cukup padat. Jika tak dibuat lubang ditengahnya, donat hanya akan matang pada bagian luarnya, sementara bagian dalamnya masih mentah. Jadi itulah alasannnya Bunda, kebapa donat berlubang ditengahnya.

 

Dibaca 494 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page