Kalau menurut bunda, apa sih yang namanya aborsi itu? Terus apa tanggepan bunda mengenai aborsi ini, boleh atau ngga kata bunda?

Ya memang, kalau di negara kita ini yang namanya aborsi masih sangat amat menjadi kontroversi buat banyak kalangan, tapi kalo dari sumber yang aku baca, ada juga loh hal-hal yang memperbolehkan aborsi itu.

Aborsi

Apa aja sih alasan yang menjadikan aborsi itu di perbolehkan? Yuk nih bun simak kutipannya untuk bunda semua dari laman merries.com yang menjadi dan bisa di lakukannya aborsi :

Adanya penyakit yang membahayakan kesehatan orang yang bersangkutan

Alasan kesehatan menjadi alasan utama yang memperbolehkan seorang wanita menjalankan aborsi. Sebagai contoh, ada seorang wanita yang disarankan untuk melakukan aborsi karena ia menderita penyakit yang dapat mengganggu kelangsungan hidup janin yang dikandungnya. Aborsi juga diperbolehkan jika sekiranya sang janin dapat membahayakan nyawa ibunya jika terus dipertahankan. Adapula beberapa contoh kondisi/penyakit lain yang mengharuskan seseorang menjalankan aborsi. Sebut saja penyakit kanker, tumor ganas, dan hamil di luar kandungan.

Penting Diketahui Bunda Mengenai Eksim pada Kulit Bayi

Dalam melakukan aborsi, tentunya harus dilakukan oleh para ahli dan juga harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Usia kandungan kurang dari 6 minggu, kecuali jika dalam kondisi darurat
  • Harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari suami dan sang ibu
  • Didukung oleh peralatan medis yang lengkap dan memadai

Korban perkosaan

Alasan utama mengapa para korban perkosaan diperbolehkan untuk menggugurkan kandungan mereka adalah karena kondisi psikis para korban yang memang dalam kondisi tertekan akibat tragedi yang mereka alami. Kehamilan yang dialami oleh para korban perkosaan tentunya menjadi beban bagi mereka. Kehamilan yang tak lain adalah anugerah seolah-olah berubah menjadi aib khusus bagi mereka yang menjadi korban perkosaan. Setiap kali melihat bayi yang telah dilahirkan, akan timbul trauma psikis bagi ibunya. Oleh karena itu, ada yang menyebutkan bahwa tindakan aborsi diperbolehkan khusus untuk mereka yang hamil akibat tindakan perkosaan. Meski begitu, masih banyak pihak yang pro dan kontra terkait dengan legalitas aborsi.

Dibaca 364 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page