Mengkonsumsi beragam asupan nutrisi ibu hamil sangat dianjurkan demi menjaga kesehatan ibu dan janin. Ada sebuah studi baru yang menemukan bahwa memenuhi vitamin D selama hamil dapat memberikan efek terhadap kekuatan otot bayi hingga dewasa.

Apa pengaruh vitamin D terhadap kekuatan otot bayi?

Asupan Nutrisi Ibu Hamil ini Bisa Perkuat Otot Bayi

Hal ini dikemukakan oleh seorang peneliti dari Southampton University, Dr Nicholas Harvey dan Dr Rebecca Moon, bahwa hasil asupan nutrisi ibu hamil berupa vitamin D yang cukup dapat mencegah secara dini kelemahan otot orang dewasa. Kedua peneliti tersebut melakukan studi jangka panjang ini dengan membandingkan pengaruh asupan vitamin D saat hamil dengan kemampuan menggenggam anak-anaknya ketika menginjak usia 4 tahun.

Penelitian ini dilakukan terhadap 700 ibu dan anak. Hasilnya menunjukkan bahwa ibu yang lebih banyak mendapat asupan vitamin D, termasuk dari paparan sinar matahari selama hamil dapat berpeluang mempunyai anak yang ototnya lebih kuat.

Vitamin D dalam tubuh ternyata memiliki efek membantu pertumbuhan serat otot tumbuh dalam rahim membantu janin menjadi lebih kuat saat lahir. Seseorang yang memiliki otot kuat terbukti memiliki resiko kecil patah tulang saat tua dan membantu menurunkan penyakit diabetes.

Dr Harvey dan Dr Moon menyatakan peningkatan kemampuan kekuatan di usia 4 tahun ini memiliki pengaruh positif untuk masa depannya kelak, sebab anak-anak yang kuat cenderung akan tumbuh menjadi orang dewasa yang kuat pula.

Pemenuhan nutrisi ibu hamil berupa Vitamin D terdapat dari minyak hati ikan cod, jamur, keeli, susu, ikan tuna, sereal, keju, ikan salmon dan tahu. Vitamin D juga terdapat pada sinar matahari saat jam-jam tertentu.

Ada beberapa nutrisi ibu hamil yang sebaiknya dipenuhi demi mempersiapkan anak terlahir sehat bahkan hingga dewasa salah satunya vitamin D. Nutrisi berupa vitamin D ini juga juga terdapat dalam beberapa produk susu ibu hamil.

Semoga postingan saya bermanfaat ya bun, silakan beri komentar atau sekedar berbagi informasi menarik seputar kehamilan.

Sumber: dailymail

Dibaca 552 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page